6 Hal Masalah Keuangan Yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah

6 Hal Masalah Keuangan Yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah.
6 Hal Masalah Keuangan Yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah.

Jakarta – Masalah keuangan merupakan salah satu faktor utama penentu kesejahteraan dalam pernikahan. Sehingga perlu untuk benar-benar dibahas dan direncanakan  secara detail sebelum menuju jenjang pernikahan. Melihat banyaknya kasus KDRT yang dilakukan oleh salah satu pihak yang disebabkan oleh faktor ekonomi, membuat pasangan yang akan menuju jenjang pernikahan sebaiknya perlu segera membahas keuangan sebelum menikah. Walaupun membahas keuangan sebelum menikah bagi banyak orang terlihat menakutkan dan merupakan pembahasan yang sensitif. Tapi hal tersebut memiliki banyak manfaat.

            Agar membahas keuangan sebelum menikah tidak menakutkan maka pasangan perlu menyamakan persepsi dan tujuan. Menyamakan persepsi disini adalah bahwa membahas keuangan memang diperlukan, dan membahas keuangan dapat dilakukan dengan santai dan tidak perlu terbawa emosi tetapi tetap serius. Jika perlu cari suasana yang mendukung, seperti di cafe, restoran dll. Tujuan disini yaitu dengan adanya membahas keuangan sebelum menikah dapat menjadi gambaran rencana keuangan kedepannya. Karena banyaknya kebutuhan yang akan dipenuhi setelah menikah, seperti :

  • Kebutuhan untuk memenuhi sandang, pangan, papan.
  • Keperluan sekolah anak, dan
  • Kebutuhan tidak terduga lainnya.

Dan dalam membahas keuangan diharapkan untuk saling jujur, terbuka dan menyampaikan apa adanya sesuai dengan kenyataan.

Mau tahu apa saja pembahasan tentang keuangan yang perlu dibicarakan dengan pasangan? Yuk simak pembahasannya di bawah ini :

6 Hal Masalah Keuangan Yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah

1. Arti Uang / Harta

masalah keuangan pernikahan
Photo by Pixabay from Pexels

Masalah keuangan dalam pernikahan salah satu elemen penting adalah presepsi mengenai arti uang atau harta. Arti uang bagi masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang memiliki pandangan bahwa uang adalah alat / sarana untuk mengumpulkan pahala sebagai bekal di akhirat dengan cara berbagi kepada sesama. Ada juga yang berpandangan bahwa hanya uang yang bisa membuat bahagia, dsb. Agar bisa mengatur keuangan bersama pasangan maka baiknya saling mengerti dan memahami arti uang / harta bagi masing-masing. Sehingga kedepannya bisa memiliki persepsi yang sama dalam hal keuangan.

Baca Juga : Beberapa Dokumen Yang Harus Kalian Lengkapi Ketika Akan Melangsungkan Pernikahan

2. Sumber Keuangan

Photo by Kuncheek from Pexels

Pada poin ini pembahasannya agak sensitif dan mungkin bisa saja membuat pasangan tersinggung. Jika demikian maka perlu diingatkan kembali tentang persepsi dan tujuan di awal membahas keuangan. Dan sebaiknya bertanya menggunakan kalimat yang sopan. Misalnya :  “Mohon maaf mas sebelumnya, karena persepsi dan tujuan kita sama jadi mohon jangan tersinggung ya, kalau boleh tahu selama ini sumber penghasilannya dari mana saja, dan berapa?”.

Pembahasan disini sangat penting karena untuk mengetahui kedepannya apakah penghasilannya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup berdua, jika tidak bagaimana solusinya. Dan untuk mengetahui juga apakah istri bisa tetap bekerja atau tidak.

Jika penghasilan tidak pasti, maka masing-masing dapat memberikan gambaran penghasilan selama 3 bulan terakhir.

3. Hutang dan Piutang

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sangat perlu untuk mengetahui hutang yang dimiliki pasangan, karena agar tidak kaget ketika sudah menikah jika pasangan memiliki banyak hutang. Bisa jadi hal tersebut menjadi masalah keuangan terbesar bagi pernikahan kamu. Agar kita juga tidak merasa terlalu terbebani, karena memang sudah tahu dari awal. Dan yang kedua perlu juga menanyakan piutang yang dimiliki pasangan, bisa jadi piutang dapat dijadikan tabungan di masa depan. kedua hal ini berkaitan erat dengan rencana keuangan kedepannya.

Baca juga : 8 Faktor Kesiapan Menikah Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Tabungan

Photo by Skitterphoto from Pexels

Tabungan salah satunya berkaitan dengan rencana tepat tinggal setelah menikah. Jika memiliki cukup tabungan apakah akan membeli rumah / kontrak rumah /  tetap tinggal bersama orang tua. Jika istri hamil maka perlu menabung untuk biaya persalinan, ataukah tabungan yang dimiliki sudah cukup.

5. Pengeluaran Setiap Bulan

masalah keuangan pernikahan
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Hal ini membahas tentang pengeluaran yang dilakukan setiap bulan untuk apa saja. Apakah perlu untuk mengurangi beberapa pengeluaran yang kurang penting, misal (nongkrong di cafe tanpa ada tujuan, membeli kopi di kedai setiap hari, dll) yang sebenarnya uangnya lebih baik untuk ditabung. Disini juga perlu menanyakan apakah ada orang lain yang menjadi tanggung jawab selain diri sendiri dan orang tua. Jika ada bagaimana rencana kedepannya setelah menikah dalam mengatur keuangannya.

6. Rencana Keuangan Kedepannya

masalah keuangan pernikahan
Photo by Pixabay from Pexels

Jika sudah membahas hal-hal diatas hal terpenting dari semuanya adalah rencana mengelola keuangan kedepannya. Misalkan, jika keduanya bekerja maka pengelolaan keuangannya sendiri-sendiri atau jadi satu. Jika sudah memiliki anak apakah akan mulai menabung untuk biaya pendidikannya. Jangan sampai hal ini tidak terencanakan dengan baik, karena bisa jadi memiliki banyak hutang karena berpikir semua apa kata nanti. Buat gambaran perencanaan keuangan dengan sejelas mungkin.

Jika anda ingin bisa mengelola keuangan dengan baik dalam rumah tangga, anda dapat mengikuti seminar maupun pelatihan yang berkaitan dengan manajemen keuangan.

Membahas keuangan sebelum menikah sebenarnya bisa membuat kita mengetahui bagaimana sikap dan sifat dari pasangan kita. Jika selama pembahasan pasangan bersikap tenang, santai tapi tetap serius dan tidak terbawa emosi, maka hal itu dapat dijadikan tolak ukur kita untuk melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius. Jika sebaliknya, maka sebaiknya kita mempertimbangkan lagi.

Yuk, segera dibahas dan jangan ditunda-tunda. Agar pernikahan anda harmonis dan sejahtera.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like